Sunday, September 22, 2013

WAWANCARA DENGAN DEPARTED ‘DEATH METAL’ DARI KOTA PARE - KEDIRI, INDONESIA’


KEDIRI KINGDOM DEATH METAL memang banyak melahirkan band-band baru yang berbahaya dan ini menunjukkan eksistensi mereka dijalur musik bawah tanah. DEPARTED salah satunya adalah band yang terbentuk ditahun 2009 lalu dan ditahun 2012 mereka telah berhasil memuntahkan Debut album pertamanya yaitu ‘Oblation of Heaven Suffering’ yang dirilis oleh Brute Production yang bermarkas di negara Thailand. Ditahun 2013 ini pun mereka mencoba kembali menelurkan Promo 2013 yang berisikan 2 track lagu yang tentunya promo ini benar-benar sangat berbahaya dan disamping itu mereka lagi mempersiapkan materi-materi lagu terbaru yang nantinya akan siap dirilis oleh Pathologically Explicit Records dari Spanyol. Banyaknya respon positif dari para metalheads dan media’s tentang debut album dan promo 2013....membuat band ini semakin sangat termotivasi untuk tetap selalu konsisten dan menjaga kebersamaan didalam band mereka ini karena seperti yang kita ketahui bahwa beberapa personil di Departed masih tergabung dengan band seperti Demented Heart dan Detested, jadi mereka juga harus benar-benar bisa mengatur schedule latihan.
Baiklah, disini ada wawancara singkat Kami dengan DEPARTED yang barusan Kami lakukan beberapa waktu yang lalu setelah Kami melakukan review terhadap promo 2013 mereka. Let’s check it out.....

John Yoedi : Hello bro.....apakhabar ? Thanks a lot atas waktunya untuk bersedia melakukan wawancara dengan Busuk Webzine. Kieran James (Australia) dan Saya telah share di blog ini. Baiklah, lagi ada kesibukkan apa di base camp DEPARTED untuk sementara ini ?

Halo om, disini baik baik saja, untuk kesibukan sekarang kami mempersiapkan materi2 untuk album baru nanti, hehe

JY : Bisa diceritakan sedikit nggak.....sebenarnya alasan apa sih yang membuat kalian untuk membentuk DEPARTED ini ? Dan siapa yang mempunyai ide untuk pertama kali nya ?

Band ini sebenarnya masih belum apa2, masih muda, masih butuh banyak belajar hehe, awal dibentuk 2009, ide pertama dari Mahfudz dan Lambank (ex-vocal). Setelah keluar masuk dan ganti personil saat ini Departed adalah Avan (drum) – Coollate (vocal) – Mahfudz (bass) – Niko (Vocal).

JY : Apakah band ini hanya sebagai band project kan saja atau ? Karena mengingat masing-masing member band masih bergabung dengan band lain seperti Detested dan Demented Heart.

Pada awal dibentuk band ini memang sebuah side project, Namun setelah coba2 ngeluarin demo ternyata ada label yg tertarik hingga keluar album pertama. Walau masing2 member punya band, departed tetap jalan. hehe

JY : Sejak band ini terbentuk ditahun 2009 dan eksis sampai sekarang...kalian telah berhasil memuntahkan 3 mahakarya yaitu Promo 2010, First full length album 2012 dan terakhir Promo 2013. Ini membuktikan dan merupakan suatu keseriusan kalian terhadap DEPARTED. Bagaimana perasaan kalian dengan apa yang telah kalian capai sampai saat ini ?

Cukup puas, ternyata respond dari teman2 baik terhadap karya2 kami, baik
dalam atau luar negeri. Terlebih Promo 2013 sengaja kami cetak hardcopies ltd 20 keping, ternyata banyak juga peminatnya, hehe.

JY : ‘Oblation Of Heaven Suffering’ merupakan first full length album 2012 dan telah dirilis oleh Brute Productions yang berasal dari Thailand. Bagaimana respon yang kalian dapatkan sampai sejauh ini tentang album pertama kalian tersebut ?

Seperti yg kami utarakan sebelumnya, cukup puas dengan album tersebut, walau masih banyak kekurangan. Dan semoga album baru nanti lebih baik dari sebelumnya. Dan album baru nanti rencananya akan dirilis oleh Pathologically Explicit Recordings (Semoga lancar).

JY : Dan bagaimana kalian bisa melakukan deal dengan label dari Spanyol tersebut ? Apakah deal ini hanya untuk rilisan satu album saja atau ?

Setelah kami rilis promo 2013, dari 20 keping tersebut kami sempat kirim ke beberapa label luar, dan beberapa minggu setelah itu kami mendapat pesan via FB dari Fernando (Owner PER) yg tertarik untuk merilis album baru nanti. Sementara deal hanya untuk album baru, dan rencana ada label local yg khusus distribusi Indonesia.

JY : Kebanyakan tema lirik dari death metal menceritakan tentang anti religion, occultism, mysticism, Satanism, mutilation, torture, rape dan sebagainya. Apakah kalian menulis tema lirik seperti yang saya katakan sebelumnya atau ? Dan siapa yang bertanggung jawab dalam hal penulisan lirik lagu dan apakah semua personil ikut terlibat ?

Ya, kebanyakan tema lirik Departed : Gore, Violence dan Blasphemy. Untuk penulisan lirik biasanya saya (Mahfudz) dan Coollate.

JY : Dan siapa yang mengarasemen musik di DEPARTED ? Dan bagaimana kalian mendiskripsikan instruments sound pada band kalian ini ?

Semua personil ikut terlibat mengaransemen lagu kami. Kami ingin membuat
instrument yang brutal, padat, dan rapi dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Dengan sound gitar yang fat, wide and punchy.

JY : Saya mengerti bahwa saat ini kalian sedang mempersiapkan materi-materi baru. Mungkin terlalu dini untuk membicarakan hal ini namun setelah keluarnya Promo 2013 beberapa bulan lalu, Saya pribadi benar-benar sangat penasaran untuk materi baru kalian ini. Apakah album kedua ini nantinya akan segera kalian muntahkan di tahun ini juga atau ?

Untuk saat ini kami disibukkan mengolah materi2 baru, untuk album kedua rencana mungkin awal tahun (belum tahu bulan apa) hehe. Untuk title album, artwork di umumkan nanti. Dan mungkin beberapa minggu lagi kami akan masuk studio untuk membuat video teaser next album (semoga lancar) hehe.

JY : Bagaimana menurut kalian tentang Busuk Webzine (www.busukwebzine.blogspot.com) ? Di Busuk webzine, kami mencoba melakukan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dan disamping itu juga Kami berusaha untuk tetap selalu update news.

Busuk Webzine sangat bermanfaat menurut kami, dan mengemas dalam 2 bahasa adalah hal yg positif. Karena pasti pembaca tidak hanya dari Indonesia. Sukses terus buat Busuk Webzine. Keep work up!!!

JY : Saya tahu kalian semua adalah merupakan highly impressive musicians. Dan tentunya masing-masing personil memiliki influence tersendiri serta tidaklah mudah untuk menggabungkannya ke dalam sebuah band. Bagaimana cara kalian untuk melakukan semua ini agar mendapatkan satu konsep music yang mutlak ?

Dari awal pembentukan Departed kami terkonsep secara otomatis, Dengan memaksimalkan kemampuan masing – masing personil. Untuk hasil akhir biar audience yang menilai.

JY : Kadang-kadang terdengar mudah ketika kita mendengarkan sebuah album (dalam hal permainan musik). Namun kita juga harus mengetahui, bahwa untuk mencapai level yang kita inginkan perlu sekali adanya kerja keras sehingga hasilnya akan lebih baik pula. Seberapa sering kalian melakukan latihan dalam seminggu ? 

Ya membuat sebuah band tidaklah mudah, dan mempertahankan sebuah band lebih sulit dari membuat sebuah band. Kami latihan kurang lebih 2 kali dalam satu minggu. Di sebuah rental studio music di desa kami. hehehe

JY : Dan apakah kalian kebanyakan mendapatkan suatu inspirasi hanya dari death metal music atau juga dari beberapa genre music yang lainnya ?

Semua genre musik kadang juga menjadi inspirasi kami, bila itu sesuai dengan konsep yang kami inginkan.

JY : Bisa nggak kalian sebutkan beberapa Gears / Equipment dari DEPARTED ? Apakah gears tersebut sama dengan yang kalian lakukan pada saat recording dan show/tours ?

Promo kemaren kami recording memakai Sonor Drum Set dan MES P2000 Twin Pedals, ESP LTD F-54 Bass Guitar, BC Rich custom Guitars , Laney head cabinet. Untuk live memakai POD Xtlive.

JY : Bagaimana perkembangan komunitas metal didaerah mu sampai saat ini ? Apakah masih sering aktif diadakannya event-event metal ? Dan adakah band-band new comer yang patut diwaspadai ?

Cukup impressive untuk perkembangan music metal disini, untuk event tetap
jalan, untut band baru ada Vasomortus, dan lain-lain.

JY : Berikan Top Ten Brutal Death Metal albums list untuk tahun 2013 ini ?

Wah cukup sulit menentukan hehe. Banyak sekali album 2013 yg bagus, baik band lama atau pendatang baru. Mempunyai kualitas yg TOP.
-      Jasad (Rebirth of Jatisunda)
-      Euphoric Defilement (Ascending to the Worms)
-      Abhorration (Self Titled)
-      Defeated Sanity (Passage Into Deformity)
-      Suffocation (Pinnacle of Bedlam)
-      Carnivore Diprosopus (Condemned by the Alliance)
-      Coprocephalic (Gluttonous Chunks)
-      Disgraseed (Flesh Market)
-      Bacteremia (Cerebral Wrong Settings)
-      Logic of Denial (Atonement)

JY : Terima kasih banyak atas waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan singkat dari Busuk Webzine. Sukses selalu untuk DEPARTED. Adakan pesan-pesan untuk para death freaks ?

Terimakasih juga atas interviewnya om, HEhehe. Untuk pesan2 support band yg kalian sukai, dan budayakan membeli CDs, stop illegal download (Walau sulit) Hehehe. Thankyou so much!!!

(Diwawancarai oleh : John Yoedi, 15 September 2013)

Check band links here : 




No comments:

Post a Comment